Friday 4 July 2014

MEMAKAI KACAMATA

Beberapa minggu lalu, anak saya berkata kalau dia sudah tidak bisa melihat dengan jelas, dan sepertinya pandangannya sedikit buram.  Oleh karena itu, istri saya akhirnya membawa dia untuk memeriksa matanya ke dokter mata.  Ternyata memang hasil dari dokter mata menunjukkan kalau anak saya harus memakai kacamata untuk bisa melihat dengan jelas.  Akhirnya kita membelikan dia kacamata dan akhirnya sekarang sudah bisa melihat dengan jelas kembali.

Fungsi dari kacamata adalah untuk membantu mata kita untuk bisa melihat dengan baik.  Ada kacamata untuk membantu kita memandang lebih jauh, ada juga kacamata untuk membantu kita melihat hal-hal yang dekat dengan mata kita, contohnya adalah kacamata untuk membaca.  Pada waktu seseorang memakai kacamatanya, pandangannya akan menjadi lebih baik dan bisa melihat keadaan sekitarnya dengan baik.

Dalam kehidupan kerohanian, kita juga memerlukan pandangan yang lebih baik untuk bisa mengerti tujuan dan rencana Tuhan.  Seringkali kita tidak bisa mengerti dan menebak apa yang akan terjadi di depan kita.  Kita juga seringkali tidak bisa mengerti arti dan makna dari segala hal yang sedang terjadi dalam diri kita.  Oleh karena itu, kita memerlukan kacamata iman, yang akan menolong kita untuk mempunyai pandangan seperti yang yang Tuhan lihat akan kehidupan kita.  

Iman akan menolong kita untuk bisa mempunyai masa depan yang penuh pengharapan.  Iman juga akan menolong kita untuk bisa mengerti bahwa apa yang sedang terjadi dalam kehidupan kita, semuanya ada dalam rencana dan kendalinya Tuhan.  Marilah kita tidak melihat dengan mata jasmani kita, tetapi biarlah penglihatan kita yang terbatas dibantu dengan kacamata iman yang akan memberikan pengharapan akan penyertaan dan pertolongan Tuhan akan kehidupan kita.

"sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia.  Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita" (1 Yoh. 5:4)


No comments:

Post a Comment