Friday 6 February 2015

BAYI YANG BARU LAHIR

Bayi yang baru lahir selalu menangis pada waktu dia mempunyai kebutuhan. Dan ibunya akan datang segera. Jadi, anak-anak belajar menangis pada waktu mereka menginginkan kehadiran ibunya.



Setelah bayi itu mulai bertumbuh, pada waktunya anaknya menangis, ibunya datang tetapi tidak menggendong anak tersebut; dia hanya mengatakan dengan lembut, "Ssstt, anakku, tidurlah."‎ Berikutnya mungkin ibunya tidak selalu datang pada waktu anaknya menangis. Tentu saja, anak itu tidak menyukainya, tetapi perasaan "diabaikan" akan semakin berkurang pada waktu anak itu belajar kalau ibunya akan selalu datang di pagi hari.



Dalam prosesnya, semua bayi belajar bahwa mereka tidak bisa memanipulasi ibunya, khususnya ibu yang bisa membedakan apakah tangisannya itu mengenai keinginan atau kebutuhan dari bayi tersebut.



Demikian juga dengan doa. Waktu kita mula-mula berjalan dengan Tuhan, sepertinya Tuhan selalu menjawab doa kita dengan cepat. Kemudian, sewaktu kita dewasa, dia menggunakan doa-doa yang belum dijawab untuk mengajar kita bergantung kepadaNya - Dia yang selalu mengetahui kebutuhan kita dan selalu setia.

"Pada hari aku berseru, Engkau pun menjawab aku, Engkau menambahkan kekuatan dalam jiwaku." (Mazmur 138:3)
 

No comments:

Post a Comment