Friday 8 August 2014

SELALU ADA JAWABANNYA

Beberapa minggu lalu, anak saya harus menghadapi ujian untuk bisa masuk ke tingkat sekolah menengah.  Untuk membantu persiapan ujian anak saya, saya mendapatkan contoh-contoh soal dari ujian di tahun-tahun sebelumnya.  Saya ikut membantu anak saya menjawab pertanyaan-pertanyaan di contoh soal tersebut.

Pada waktu saya membantu anak saya, ada beberapa soal yang tidak bisa kita jawab.  Kami terus berusaha untuk mengerjakan soal tersebut, namun masih belum bisa menemukan jawabannya.  Namun rupanya kita baru menyadari kalau di halaman terakhir terdapat kunci jawaban untuk semua pertanyaan di contoh soal tersebut.

Kunci jawaban tersebut tersedia untuk semua soal yang ada, baik yang mudah ataupun yang sukar.  Saya juga mulai menyadari kalau semua persoalan yang kita hadapi, baik yang mudah atau sukar, pasti selalu ada jawabannya.  Demikian hal untuk setiap kunci gembok yang dibuat oleh pabriknya, selalu ada kunci untuk membukanya.  Saya rasa tidak ada pabrik kunci gembok yang membuat gembok dengan tanpa kunci untuk membukanya.

Demikian juga pada waktu kita menjalani kehidupan kita, pada waktu kita menghadapi suatu permasalahan, biarlah kita terus bertekun dan jangan putus asa dalam menghadapi permasalahan kita.  Dalam setiap permasalahan yang kita hadapi, biarlah kita bergantung kepada Tuhan, dan bersama dengan Tuhan, kita akan selalu menjadi pemenang dalam setiap situasi yang kita hadapi.

Kepada Allah aku percaya, aku tidak takut.  Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku (Mazmur 56:12)


No comments:

Post a Comment