Wednesday 8 October 2014

BELAJAR, KONSENTRASI, FOKUS

Beberapa minggu terakhir ini, anak saya menghadapi ujian akhir tingkat SD, yang akan menentukan masuk ke tingkat selanjutnya.  Selama persiapan ujiannya, saya mulai menyadari kalau kita sering menggunakan kata: belajar, konsentrasi dan fokus, untuk memberi semangat kepada anak saya.  Saya terus mengingatkan akan ketiga kata tersebut dengan tujuan supaya dia bisa lebih serius belajar dan akhir bisa lulus dengan nilai yang baik.

Setelah beberapa saat, saya selalu teringat akan ketiga kata tersebut, yaitu: belajar, konsentrasi dan fokus.  Saya mulai berpikir kalau dalam kehidupan kerohanian kita pun, kita perlu mengingat dan melakukan ketiga hal tersebut.

1. Belajar - akan Firman Tuhan.  Firman yang merupakan makanan rohani bagi kehidupan kita, yang akan memberikan kekuatan dan membangkitkan iman kita.

2. Konsentrasi - akan kebaikan sifat dan karakter Tuhan.  Kita juga bisa mengingat akan setiap pertolongan dan kebaikan yang telah Tuhan lakukan dalam kehidupan kita.

3. Fokus - untuk menjadikan Dia sebagai prioritas utama dalam kehidupan kita, dan tidak akan hal lain yang akan mengubah posisiNya sebagai yang terutama dalam kehidupan kita.

Pada waktu kita belajar, konsentrasi dan fokus akan hal di atas, saya percaya kita akan semakin merasakan kasih Tuhan dan tuntunan Tuhan akan terus mengalir dalam kehidupan kita. 

"Tunjukkanlah kepadaku jalanMu, ya Tuhan, supaya aku hidup menurut kebenaranMu; bulatkanlah hatiku untuk takut akan namaMu" (Mazmur 85:11)

No comments:

Post a Comment