Thursday 30 May 2013

ADA CCTV DI DALAM BUS

Suatu saat waktu saya sedang naik bus bersama dengan anak saya, anak saya menunjuk kepada sesuatu benda yang ada di dalam bus, dan menanyakan apakah benda tersebut.  Saya menjelaskan kalau benda tersebut ada CCTV (Closed-Circuit Television).  Memang di setiap bus di Singapore selalu dipasang kamera CCTV.  Anak saya mulai bertanya apa kegunaan dari CCTV tersebut, dan saya menjelaskan CCTV tersebut digunakan untuk melihat dan merekam perbuatan-perbuatan para penumpang di bus, sehingga jika ada kejahatan yang terjadi, bisa diketahui siapa pelakunya.

Memang selain untuk melihat dan merekam perbuatan yang terjadi di bus, CCTV juga berguna untuk membuat mereka yang akan melakukan perbuatan jahat menjadi takut, dan akhirnya tidak melakukan kejahatan yang direncanakan.  Itulah yang disebut dengan "deterrence strategy" yang berarti strategi untuk membuat takut mereka yang akan melakukan sesuatu.  Jadi diharapkan mereka yang akan melakukan kejahatan akan mengurungkan niatnya karena takut perbuatan mereka akan terlihat dan direkam oleh kamera CCTV tersebut.

Sebetulnya kemampuan CCTV itu tidak ada artinya dibandingkan dengan mata Tuhan.  CCTV hanya bisa melihat dan merekam suatu perbuatan atau peristiwa yang sedang atau sudah terjadi.  Sedangkan mata Tuhan bukan hanya bisa melihat perbuatan kita, malah mata Tuhan juga bisa mengetahui apa yang ada di dalam hati atau pikiran kita.  Oleh karena itu, marilah kita bukan hanya memperhatikan sikap dan perbuatan kita; tetapi juga kita memperhatikan apa yang kita pikiran dan apa yang ada dalam hati kita.  Biarlah perbuatan, pikiran dan isi hati kita selaras dengan perbuatan, pikiran dan isi hati Tuhan.  Dan itu hanya bisa terjadi kalau kita mempunyai hubungan yang erat dengan Tuhan.  God bless....

"Karena mata Tuhan menjelajah seluruh bumi untuk melimpahkan kekuatanNya kepada mereka yang bersungguh hati terhadap Dia" (2 Tawarikh 16:9)

No comments:

Post a Comment